Bahasa Pemprograman Java

Safe Link Converter

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc!
Made your link safe to visit.

Bahasa Pemrograman Java

Hay kawan. Semoga harimu menyenangkan! Pada kesemapatan yang ditunggu-tunggu ini. Saya sebagai seorang newbe yang mau belajar akan memberikan catatan pribadi saya kepada pembaca mengenai bahasa pemrograman java. Didalam catatan pribadi saya telah saya kembangkan kalimat dan sub bagian dari judul bahasa pemrograman java untuk memudahkan pembaca memahami apa yang ada di dalam catatan pribadi saya yang singkat.
Untuk memudahkan kegiatan pemahaman dalam catatan bahasa pemrograman java maka sub judul akan saya jadikan sebagai text bold atau text dengan gaya tebal. Silahkan untuk melanjutkan membaca.

Sejarah Java

Bahasa Pemprograman Java merupakan bahasa evolusi dari bahasa pemprograman sebelumnya yang bernama Oak. Pada Awalnya Oak dikembangkan oleh Sun Microsystems di awal tahun 90'an. Oak sendiri ditujukan sebagai platform yang independent yang bertujuan untuk mengendalikan peralatan video konsol dan VCR untuk melakukan komunikasi. Pertama kali diluncurkan Oak di aplikasikan di televisi set-top box yang dirancang untuk memberikan layanan video-on-demand.

Transaksi yang sama dari World Wide Web yang terjadi seperti pada produsen set-top box. Sebagai pengembang Oak mulai bergeser ke internet dan WebRunner. Jadi sejak saat itu Oak mulai tersedia ke perangkat browser. Sejak saat itu pula Oak diganti namanya menjadi Java yang kita kenal sekarang ini, dan WebRunner menjadi HotJava sebagai web browser.

Perkembangan ini menarik berbagai macam vendor perangkat lunak, sehingga Java sebagai alat pengembang mulai tersedia di berbagai maca vendor. Dari semua itulah Java memberikan dorongan kepada banyak pengembang perangkat lunak untuk ikut serta menemukan java dengan banyak fitur yang luar biasa.


Kelebihan dan Kekurangan Java

Didalam bahasa pemprograman manapun tidak terlepas dari hukum kelebihan dan kekurangan. Begitu pula dalam bahasa pemprograman java juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal ini dapat saya sampaikan kepada pembaca dimanana materi yang saya kumpulkan dari berbagai sumber dan saya ringkas menjadi pembahasan kelebihan bahasa pemprograman java dan dilanjutkan ke pembahasan kekurangan pemrogaraman java.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Java

Java menawarkan sejumlah keuntungan atua kelebihan untuk pengembang perangkat lunak. Kelebihan dari bahasa pemprograman java dapat kita baca berikut ini;

Advertise


  1. Java adalah bahasa pemprograman yang sederhana: Java tidak seperti bahasa C++ yang memperlukan programer untuk secara manual mengalokasikan memori dan untuk pemungutan sampah. Di Java selain mudah digunakan dari pada bahasa pemprograman lainnya java pula memberikan kemudahan untuk menulis script atau sering kita sebut sebagai mengcoding, lalu mengkompilasi, dan  mendebug. Alasan mengapa Java merupakan bahasa pemprograman yang jauh lebih sederhana karena alasan yang telah saya singgung sebelumnya, yaitu bahasa Java menggunakan alokasi memori dan pengumpulan sampah secara otomatis dari pada bahasa C++.
  2. Java merupakan bahasa berorientasi objek atau sering disebut Java is OOP ( Object Orientation Programing). Java bisa disebut bahasa dengan berorientasi objek karena dalam pemrograman Java berpusat pada pembuatan objek, memanipulasi objek dan membuat objek saling bekerja sama. Hal ini memungkinkan pengguna Java untuk membuat cetak biru atau modular program yang dapat digunakan kembali kode programnya.
  3. Java adalah Platform-Independent: Keuntungan atau kelebihan yang lain dari java adalah kemampuan java yang hanya dibuat sekali pada platform Sistem komputer tertentu dan dapat digunakan oleh banyak sistem komputer yang berbeda dari platform yang pertama kali untuk membuat prongam java. Kemampuan untuk menjalankan program yang sama pada banyak sistem yang berbeda sangat penting untuk perangkat lunak World Wide Web, dan Kali ini Java berhasil dengan menjadi platform-independent tingkat sumber maupun biner.
  4. Java Bahasa Terdistribusi: komputasi terdistribusi yang melibatkan beberapa komputer pada jaringan bekerja secara bersama-sama yang memberikan kemudahan dalam mengirim file atau menerima. Java dirancang untuk membuat jaringan komputerisasi yang mudah dalam mendistibusikan kemampuan jaringan yang inheren dan terintegrasi kedalamnya.
  5. Java adalah Interpreted.  Interpreter dibutuhkan untuk menjalankan program java. Di Java program dikompilasi menjadi kode Java Virtual Machine (JVM) yang sering disebut sebagai bytecode. Bytecode adalah mesin independen dan mampu berjalan pada pada setiap mesin yang memilik Interpreter java. Dengan Java, program hanya perlu dikompilasi sekali, dan bytecode yang dihasilkan oleh Java compiler dapat berjalan pada platform apapun.
  6. Java merupakan bahasa yang aman dalam penggunaannya: Java merupakan salah satu bahasa pemprograman yang pertama kali mempertimbangkan keamanan sebagai bagian  dari desain. Bahasa pemprograman java, kompiler java dan Interpreter java dan area runtime java masing-masing dikembangkan dalam algoritma yang aman.
  7. Java adalah Multithreaded: Multithreaded adalah kemampuan untuk program untuk menjalankan beberapa tugas secara bersamaan dalam program. Di Java, pemrograman multi-threaded telah mulus diintegrasikan ke dalamnya, sementara dalam bahasa lain, sistem operasi khusus prosedur telah dipanggil untuk mengaktifkan multithreading. Multithreading adalah suatu keharusan dalam visual dan pemrograman jaringan.
  8. Java adalah bahasa pemprograman yang kuat: kuat yang dimaksud disini berarti handal akan tetapi bahasa pemrograman yang tidak benar-benar dapat menjamin kehandalan. Java menempatkan banyak penekanan pada awal memeriksa kemungkinan kesalahan, sebagai kompiler Java mampu mendeteksi banyak masalah yang pertama akan muncul selama waktu eksekusi.

Kelemahan Bahasa Pemrograman Java

Selain kelebihan bahasa pemprograman java yang telah saya bahasa diatas. Maka dibagian inilah pembaca akan tahu apa saja kelemahan yang dimiliki bahasa pemrograman java. Adapun kelemahan bahasa pemprograman java yaitu haru ada ruang yang lebih untuk perbaikan. Akan tetapi untuk lebih jelasnya semua itu mari kita baca Kelemahan dalam Java segabai bahasa pemprograman;


  1. Dari segi Performance: Java dari segi kinerja secara signifikan lebih lambat dan lebih banyak menggunakan memori dari pada bahasa pemprogramn seperti C atau C++.
  2. Look dan Feel: tampilan dan nuansa default GUI dari aplikasi di java yang menggunakan toolkit sangat berbeda dari aplikasi aslinya. Mungkin untuk menentukan tampilan dan nuansa berbeda melalui sistem pluggable tampilan dan nuansa ayunan. Sun bekerja di daerah ini dan kita dapat melihat beberapa teknologi yang besar dari matahari dalam waktu dekat.
  3. Single-paradigm language: Java merupakan bahasa single-paradigma. Namun, dengan penambahan statis impor di Java 5.0 paradigma prosedural lebih baik ditampung daripada dalam versi Java sebelumnya.

Advertise




Ringkasan

Bahasa pemrograman java adalah bahasa sejenis bahasa pemprograman lainnya. Namun bahasa pemprograman java dalam kegunaannya murni berorientasi objek. Jadi untuk membentuk program ataupun aplikasi harus menentukan unsur yang ada dan menyertakan metode dari suatu objek yang akan di ciptakannya. Dan tidak terlepas dari bahasa pemprograman manapun. Bahasa apapun itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.


Penutup

Kepada semua pembaca artikel saya ini yang saya ambil dari catatan singkat saya sewaktu masih duduk di bangku perkuliahan dan semua referensi yang terkait dalam catatan saya juga saya sertakan di artikel ini. Barang kali apa yang saya sampaikan dalam kalimat kalimat saya kurang dimengerti oleh pembaca. Maka alangkah baiknya pembaca juga memberikan koreksi pada kolom komentar dapa artikel saya ini. Semoga apa yang saya ulas ini bermanfaat bagi saya dan bagi pembaca.